Sekolah Ini Ciptakan ‘Topi Canggih’ Anti Nyontek Untuk Siswanya

00142087

Sekolah-sekolah di Tiongkok memang dikenal dengan peraturannya yang ketat. Selain sistem pendidikan yang disiplin, pihak sekolah juga bertindak keras agar para siswanya tak menyontek saat ujian.
Hal itulah yang dilakukan salah satu sekolah menengah pertama di Chuzhou, Provinsi Anhui. Mereka bahkan menciptakan “topi canggih” untuk mencegah para siswanya melakukan aksi contek menyontek.
Dilansir dari Shanghaiist, sekolah itu membuat topi khusus terbuat dari kertas koran yang dilubangi bagian tengahnya. Topi koran itu pun diharapkan mampu mencegah para siswa untuk tak saling menyontek.
Usaha semacam ini sebenarnya sudah sering dilakukan di berbagai sekolah. Pasalnya, publik menilai jika ujian tahunan gaokao sangatlah susah dan membuat para murid cenderung untuk menyontek jawaban temannya.
Foto 40 siswa yang menggunakan “topi canggih” itu pun tersebar secara online di sosial media Tiongkok. Para netizen pun mengkritisi apakah sistem itu efektif untuk menghindari aksi contekan atau justru hanya mempermalukan murid. Bagaimana menurut kalian?

Comments