Gatel! Gatel! Gatel! Gak Perlu Sibuk Garuk Sana Sini, Ini Dia Cara Ilangin Bintik-bintik Lepuhan Kecil Di Tangan!

gatel

Yang satu ini emang musuh bebuyutan kalo cuaca lagi panas!
Tak hanya terjemur gosong dan keringetan, bintik-bintik lepuhan kecil sering kali muncul saat cuaca panas dan lembab. Sobat Cerpen yang pernah ngalamin pasti tau banget gimana gatal dan sakitnya kalo kena bintik-bintik ini!
Bintik-bintik lepuhan kecil ini juga dikenal dengan sebutan Dyshidrosis Eczema yang disebabkan karena pergantian musim maupun keadaan psikologis dan lingkungan, misalkan: stress, terkena sesuatu yang menyebabkan alergi atau terinfeksi jamur. Orang yang tangan dan kakinya mudah berkeringat, biasanya akan lebih mudah terserang penyakit ini.
Biasanya bintik-bintik ini muncul di jari tangan, telapak tangan dan telapak kaki. Kalo lagi kumat, bintik-bintik ini bisa jadi kemerahan dan gatal banget lho! Penyakit ini hanya bisa diredakan saja karena sampai saat ini ilmu kedokteran belum menemukan cara menyembuhkannya.
Berikut adalah cara meredakan penyakit ini di setiap fase yang berbeda:
1. Bintik-bintik lepuhan air
Wajar sih pas awal muncul bintik-bintik ini kita pasti pengen pecahin aja, tapi kita harus bisa menahan diri untuk tidak memecahkan dan mengupas kulit tersebut karena bisa menyebabkan infeksi hingga bernanah. Di fase awal ini, kita bisa merendam bagian yang terserang dengan cairan alum 5% dan mengoleskan salep zinc oxide.
2. Gatal-gatal
Kita harus menahan diri untuk tidak menggaruk kulit yang gatal karena bisa menyebabkan luka. Ketika merasa gatal kita bisa mengoleskan salep obat (steroids) ataupun bedak anti gatal.
3. Kulit mengelupas
Di fase akhir ketika bintik-bintik ini pedah dan mengeluarkan cairan, kulit bisa menjadi kering dan mengelupas. Di fase akhir ini, kita bisa mengoleskan obat yang berkhasiat untuk merawat pertumbuhan kulit baru seperti lotion pelembab yang mengandung vitamin E, minyak ikan, dll. Namun jika semakin bertambah parah, sebaiknya segera berobat ke dokter kulit
Sebenarnya kita juga bisa mencegah munculnya bintik-bintik ini dengan cara-cara dibawah ini:
1. Banyak olahraga: olahraga dapat menyalurkan udara lembab yang ada di tubuh serta meningkatkan daya tahan tubuh.
2. Kurangi dan hindari penggunaan sabun mandi dan sabun cuci baju yang mengandung alkali: kita dapat menggunakan sabun mandi dan saun cuci baju yang mengandung sulfur. Jagalah kebersihan tangan serta gunakan lotion setelah mandi dan mencuci baju.
3. Mengkonsumsi makanan detox: panas dalam dan toksin tubuh dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik ini. Oleh sebab itu perbanyak konsumsi makanan seperti kacang hijau, pare, dll. untuk mencegah panas dalam dan mengeluarkan racun di dalam tubuh.
Mencegah lebih baik daripada mengobati, namun jika tidak dapat dicegah, kamu bisa coba cara-cara mengatasi yang Cerpen bagikan diatas! Semoga bermanfaat yah!


Comments

Popular posts from this blog

Sesuatu Mengerikan Menimpa Anak Ini saat Ia Asyik Mandi di Pantai, Ternyata Ini yang Terjadi

Karena Ketiak Hitam, Photographer Ternama Ini Mendadak Hapus Foto Prilly Latuconsina

Diona Arika Diseret dan Dipukul Pistol, Apakah Sempat Diperkosa Perampok Sadis? Inilah Hasil Visum