Inilah ‘Kado’ Pemerintah Buat Rakyat di Tahun Baru 2017

kado

Tahun baru merupakan perayaan yang cukup dinantikan setiap pergantian tahun. Saat malam Tahun Baru tiba, banyak yang akan merayakannya dengan makan besar bersama keluarga. Tak sedikit pula yang merayakannya dengan bertukar kado.
Nah, bukan cuma antar teman atau kerabat, pemerintah juga memiliki sebuah kado istimewa bagi rakyat Indonesia. Bahkan, kado ini terus-menerus diperbincangkan oleh masyarakat. Berikut ulasannya.
Kenaikan Harga Listrik per 1 Januari
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan akan menaikkan biaya berlangganan listrik 900 watt per 1 Januari 2017.
Tak hanya untuk listrik 900 watt, beberapa pelanggan yang meggunakan listrik 450 watt juga akan mengalami kenaikan tarif. Kenaikan yang akan disesuaikan secara bertahap ini berkaitan dengan anggaran subsidi listrik yang kerap salah sasaran.
Nantinya, menurut Direktur Jenderal Kelistrikan Kementerian ESDM, Jarman, kenaikan 900 watt akan dilakukan bertahap 3 kali, sedangkan 450 watt bertahap 4 kali.
Kenaikan tarif pengurusan Surat Kendaraan hingga 3 kali lipat
Berencana membeli kendaraan bermotor tahun ini? Sebaiknya siapkan dana lebih untuk mengurus surat-surat kendaraan.
Peraturan baru yang berlaku efektif mulai 6 Januari 2017 mengatur tentang tarif baru pengurusan surat-surat kendaraan bermotor oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Dalam peraturan tersebut, untuk pengesahan STNK biayanya naik lebih dari dua kali lipat. Sementara itu, penerbitan BPKB baru dan ganti pemilikian mengalami kenaikan yang cukup tinggi.
Jika sebelumnya penerbitan BPKB roda dua dan tiga dikenakan biaya Rp 80.000, dalam peraturan baru naik menjadi Rp 225.000. Begitu pula dengan roda empat yang sebelumnya Rp 100.000, meningkat menjadi Rp 375.000.
Tak hanya itu, tarif pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) juga naik hingga tiga kali lipat. Jika sebelumnya hanya Rp 10.000, berdasarkan PP 60 Tahun 2016 tarif penerbitan SKCK kini menjadi Rp 30.000.

Comments