Di Sini Jadi Rebutan, Orang Jepang Malah Bilang Tidak Butuh Mobil! Kenapa Ya Kira-Kira?

mg_1200

Jika diberikan mobil atau harga mobil yang murah, pastilah kita yang belum mempunyai kendaraan tersebut akan girang bukan kepalang. Siapa yang tak menginginkan mobil? Selain bisa kemana-mana dengan mudah, juga bakal terhindar dari terik matahari dan kebasahan karena hujan. Menyenangkan sekali jika membayangkannya. Namun, cerita lain datang dari Jepang. Sudah jadi rahasia umum jika produk otomotif yang ada di Indonesia kebanyakan adalah bikinan negara Jepang.
Mulai dari sepeda motor, mobil, dan lain-lain banyak yang merupakan produk lansiran negeri Sakura. Di jalanan Indonesia, pemandangan orang mengendarai mobil atau motor merek Jepang adalah hal biasa. Padahal, di Tokyo, kita jarang menjumpai pemandangan serupa.
Hal yang mengejutkan adalah jalanan di Tokyo terasa lengang dari kendaraan bermotor. Padahal Tokyo termasuk salah satu kota tersibuk di dunia. Apa alasan orang Jepang tidak menyukai mobil?
0742025krl-di-jepang780x390
Alasannya ternyata cukup simple, yakni mereka memilih menggunakan kereta sebagai alat transportasi. Sedangkan anak-anak sekolah juga lebih memilih mengendarai sepeda ketimbang mobil atau motor. Selain itu biaya pajak mobil di Jepang juga sangat tinggi, dan bagi masyarakat yang berniat memiliki mobil diharuskan punya lahan parkir di tempat tinggalnya, atau mereka juga bisa membayar sewa parkir harian yang harganya juga sangat mahal. Bahkan orang Jepang sendiri banyak yang terkejut saat berkunjung di Jakarta.
Salah satunya adalah Hitoshi Seguchi, ia terkejut lantaran banyaknya mobil memenuhi jalanan hingga mengakibatkan macet. Saat tahu bahwa kebanyakan mobil di Indonesia adalah produk Jepang, ia malah tertawa. Hitoshi lantas menambahkan, penduduk di Tokyo lebih memprioritaskan biaya sewa apartemen ketimbang membeli mobil. Apabila mereka memiliki uang lebih, biasanya akan ditabung untuk keperluan lain. Seorang warga Jepang lainnya, bernama Seijiro Nishimi juga mengatakan hal serupa. Ia setiap hari naik kereta sebagai moda transportasi.
Orang Jepang yang membutuhkan mobil kebanyakan adalah penduduk yang tinggal di kota kecil di mana akses transportasinya masih susah. Jika kita berkunjung ke Tokyo, biasanya jalan-jalan besar di persimpangan Shibuya atau Shinjiku sangat lengang dan bebas macet. Kondisi tersebut berlaku saat jam pergi ataupun pulang kerja.
Namun untuk meniru kebiasaan orang Jepang, cukup susah di Indonesia. Lantaran di Indonesia, fasilitas transportasi yang disediakan pemerintah belum memadai di beberapa daerah. Bagaimana menurutmu?

Comments

Popular posts from this blog

Sesuatu Mengerikan Menimpa Anak Ini saat Ia Asyik Mandi di Pantai, Ternyata Ini yang Terjadi

Karena Ketiak Hitam, Photographer Ternama Ini Mendadak Hapus Foto Prilly Latuconsina

Duh, Dua Orang Ini Sampai Bertaruh Nyawa di Jalan Raya Hanya Gara-gara Alasan Ini, Lihat Videonya Berikut